Bersiap! Pabrik Pembuatan Pakan Ikan akan Dibangun Setiap Kabupaten, Begini Penjelasan DPR

- 16 Oktober 2020, 18:10 WIB
Pelet ikan yang telah diproduksi oleh 4 mahasiswa UB.*
Pelet ikan yang telah diproduksi oleh 4 mahasiswa UB.* //Dok.ubb.ac.id

PR INDRAMAYU - Salah satu dari berbagai sektor yang ada di Indonesia yaitu sektor perikanan mulai diperhatikan oleh pemerintah. 

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi menyatakan pihaknya mendorong agar pemerintah dapat membuat pabrik pakan ikan di setiap kabupaten yang menjadi produsen ikan karena pakan merupakan elemen penting dalam pembudidayaan ikan.

Dikutip PikiranRakyat-Indramayu.com dari ANTARA "Kami di Komisi IV DPR akan mendorong pembuatan pabrik pakan, minimal satu kabupaten ada satu pabrik di daerah yang memang memproduksi ikan konsumtif," kata Dedi Mulyadi dalam rilis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Baca Juga: Angkat Bicara Terkait Kelanjutan Pertandingan, Robert: Persib Tim yang Memimpin Klasemen

Menurut Dedi, pihaknya bakal mendorong hal tersebut dalam rapat kerja dengan pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada masa yang akan datang.

Selain itu, ujar dia, bila diperlukan juga dapat diundang seluruh dinas kelautan di seluruh Indonesia untuk merumuskan hal tersebut.

Ia berpendapat, dalam biaya satu kali produksi pada budidaya ikan, setengahnya sudah pasti dikeluarkan untuk pakan.

Baca Juga: Lebih Kebal, Hasil Penelitian Ungkap Golongan Darah O Kemungkinan Kecil Terinfeksi Virus Covid-19

"Misalnya, kalau produksi ikan ingin mengejar target 20 ton, jumlah pakannya minimal harus 10 ton. Akhirnya keuntungan pun menjadi tipis, belum lagi dihajar dengan penyakit sehingga ikannya bisa mati sebagian," ucapnya.

Halaman:

Editor: Evi Sapitri

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x