Bicara Soal Bencana di Indonesia, MUI Sebut Manusia Jadi Salah Satu Faktor Terjadi Bencana

- 8 April 2021, 16:35 WIB
Ilustrasi. MUI memberi tanggapan atas musibah bencana yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia salah satunya NTT. Berikut tanggapan Majelis Ulama. /Pixabay/Picography

PR INDRAMAYU – Beberapa bencana menerpa Indonesia pada tahun 2021.

Belum lama ini, bencana banjir dan tanah longsor menerjang Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan juga Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menanggapi banyaknya bencana alam yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia, Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun menyampaikan pernyataan yang disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal MUI Amirsyah Tambunan.

Baca Juga: Soal Bencana Alam di NTT, Sektetaris Jenderal MUI: Ini Musibah

Amirsyah Tambunan menyatakan jika manusia menjadi salah satu faktor pemicu munculnya beberapa bencana di Indonesia.

Sebab, menurut Sekretaris Jenderal MUI itu, manusia yang paling berpotensi merusak ekosistem alam, seperti penebangan hutan liar yang berpengaruh terhadap perubahan iklim dan suhu yang terjadi.

“Hutan menjadi gundul dan tanaman berkurang secara signifikan. Akibatnya, suhu, iklim, dan kecepatan angin menjadi ekstrim yang disebabkan karena rusaknya ekosistem dalam skala kecil maupun skala yang luas,” ucap Amirsyah Tambunan, Rabu, 7 April 2021, sebagaimana dikutip PikiranRakyat-Indramayu.com dari Antara.

Baca Juga: Simak 12 Gejala Asam Lampung Naik yang Wajib Anda Ketahui, Salah Satunya Mulut Terasa Asam

MUI pun berharap, dengan adanya bencana alam tersebut menjadi pembelajaran bagi manusia agar bisa lebih menjaga lingkungan alam.

Halaman:

Editor: Irwan Suherman

Sumber: Antara


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X