Tingkatkan Gemar Membaca Anak-Anak Lewat Gerobak Buku

- 23 November 2019, 06:21 WIB
Gerobak Buku.*/ANTARA

INDRAMAYU, (PR).- Pada era teknologi berkembang saat ini, tak asing jika para orang tua memberikan sebuah gawai kepada anaknya sedari kecil agar tidak rewel. Hal tersebut membuat anak kecil candu akan gawai.

Banyak kita temui anak-anak kecil setiap hari bermain game di gawainya mulai dari munculnya matahari hingga tenggelam, dibandingkan membaca buku. Jika diawasi dalam bermain gawai, kemungkinan orangtua dapat memanfaatkan gawai untuk sarana edukasi bagi anak. Gawai yang terkenal dengan kecanggihan dan keberagaman aplikasi tentu sangat berguna jika digunakan dengan benar.

Namun realitanya, dalam memainkan gawai acap kali anak-anak tidak dapat pengawasan dari orangtuanya. Inilah yang melandasi anak muda di Desa Pilangsari, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu untuk membuat gerobak berisi puluhan buku yang ditujukan kepada anak-anak.

Diharapkan dengan terciptanya gerobak buku tersebut dapat memupuk minat baca anak-anak Indramayu, khususnya di Desa Pilangsari. Dana yang digelontarkan untuk membuat gerobak buku dikumpulkan secara swadaya dari masyarakat.

Rendahnya minat baca di Indonesia bukan terjadi pada orang dewasa saja, ini juga terjadi pada anak-anak. Zaman sekarang anak-anak terlalu asyik mengoprek gawainya, sehingga menjadikan mereka malas belajar atau membaca. Slogan membaca adalah jendela dunia sudah tidak terlalu dihiraukan, hal ini yang harus menjadi perhatian bagi para orang tua.

loading...

Saat ini gerobak baca baru bisa beroperasi seminggu sekali, karena terpentok beberapa keterbatasan. Gerobak baca biasanya ramai dikunjungi anak-anak pada hari libur, agar efektif gerobak baca ini berpraktik secara berkeliling.

Jumlah gerobak baca sekarang hanya berjumlah satu buah, karena program ini baru saja berjalan. Sakam salah satu pengelola gerobak baca berharap, ke depan gerobak baca keliling ini dapat bertambah banyak. Gerobak baca keliling sangat menerima dengan tangan terbuka jika ada masyarakat yang ingin menyumbangkan buku-buku terutama mengenai cerita anak-anak.*** (Alvin Aditya/JT)


Editor: Abdul Muhaemin

Tags

Komentar

Terkini

X