BLT El Nino dan Bantuan Beras 10 Kg Berpeluang Lanjut di 2024, Siap-siap 39,8 Juta Warga Bakal Dapat Lagi

- 2 Januari 2024, 06:49 WIB
Menko Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartanto menyerahkan BLT El Nino
Menko Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartanto menyerahkan BLT El Nino /

IndramayuHits.com – Bantuan Langsung Tunai atau BLT El Nino dan bantuan beras 10 kg berpeluang besar untuk kembali disalurkan untuk tahun 2024 ini.

Pasalnya, berdasarkan catatan Kementerian Koordinator Perekonomian menyebutkan bahwa sejumlah ahli memprediksi fenomena El Nino akan bertahan pada level moderat hingga Maret 2024.

Itu artinya, dampak signifikan dari El Nino masih akan dirasakan, antara lain penurunan produktivitas hasil pertanian, termasuk tanaman pangan seperti padi.

Baca Juga: 7 Jenis Bantuan Alsintan dari Pemerintah, Alat Pertanian yang Digunakan Petani Mulai Masa Tanam hingga Panen

Efek multinya, dapat mempengaruhi stabilitas harga pangan di berbagai daerah yang ada di Indonesia, sehingga daya beli masyarakat, terutama warga miskin rentan terdampak kenaikan harga pangan.

Tentang kelanjutan program bantuan BLT Elnino dan bantuan beras, Menko Perekonomian Airlangga menyampaikan bahwa program ini akan segera di-review termasuk mendengar langsung antusiasme dan manfaat program dari masyarakat penerima bantuan.

Kepastian kelanjutannya, Menko Airlangga mengaku akan melaporkan terlebih dulu kepada Presiden Joko Widodo sebagai pertimbangan untuk keberlanjutan program tersebut di tahun 2024.

Baca Juga: 3 Langkah Menghilangkan Hama di Tanaman Mangga, Simak Juga Tips-tipsnya agar Buahnya Berkualitas

Jika melihat hasil dialog dengan warga, hampir semuanya memminta agar program ini diusulkan kepada Presiden Jokowi untuk dilanjutkan tahun 2024.

“Dan tentu saya akan bahas dengan Bapak Presiden bahwa program ini seperti pada saat covid kita berikan 3 bulan, kemudian kita evaluasi, kalau memang tepat sasaran kita lanjutkan lagi,” ujar Menko Airlangga.

Halaman:

Editor: Kalil Sadewo

Sumber: Ekon.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x