Macam Sistem Absensi Yang Dibutuhkan Perusahaan

- 19 Juli 2022, 11:22 WIB
Meta desk: Aplikasi absensi online merupakan salah satu sistem yang dirancang untuk mencatat dengan tepat waktu kehadiran karyawan melalui sebuah website di perangkat tertentu. Aplikasi ini akan sangat membantu para karyawan untuk melakukan absensi dengan mudah di mana saja.
Meta desk: Aplikasi absensi online merupakan salah satu sistem yang dirancang untuk mencatat dengan tepat waktu kehadiran karyawan melalui sebuah website di perangkat tertentu. Aplikasi ini akan sangat membantu para karyawan untuk melakukan absensi dengan mudah di mana saja. /PotensiBadung

PIKIRAN RAKYAT - Hingga kini, penggunaan sistem absensi semakin mumpuni dan terus berkembang. Mulai banyak perusahaan yang menggunakan absensi berbasis online untuk memastikan kehadiran karyawannya tercatat rapi dan efisien. Absensi untuk karyawan adalah sebuah data yang menunjukkan kehadiran karyawan dalam sebuah perusahaan selama hari kerja. 

Tujuannya adalah sebagai bahan penilaian produktivitas dan kinerja karyawan serta sebagai bahan dasar pemberian kompensasi. Sistem ini merupakan salah satu sistem yang mencatat kehadiran karyawan berdasarkan syarat dan ketentuan yang telah diatur oleh perusahaan itu sendiri. Sebuah data yang dihasilkan dari sistem seperti ini akan menampilkan informasi sebagai berikut:

  • Waktu dating dan pulang karyawan
  • Waktu terlambat karyawan
  • Data Izin/Cuti
  • Dan berbagai fitur seperti remote working

Sistem absensi baru-baru ini bertransformasi secara digital layaknya layanan lain. Absensi manual memakan banyak waktu dan tools yang membuat divisi HRGA kewalahan dalam mengawasi integritas data yang tercatat. Sampai akhirnya sistem tersebut bertransformasi secara digital karena perkembangan teknologi yang semakin akurat. Hal ini juga terjadi dalam perkembangan sistem absensi karyawan.

Sistem Absensi Manual Menyulitkan Tim HRD

Sebagai Human Resources sebuah perusahaan, divisi ini diharapkan dapat membangun sebuah sistem yang dapat memberikan manfaat dalam banyak aspek, salah satunya yang berkaitan dengan data kehadiran karyawan. Memiliki sistem absensi harian sangat penting, karena absen harian merekam dan memantau kehadiran karyawannya dengan menunjukkan sejumlah informasi seperti waktu kedatangan dan kepulangan dari kantor.

Faktor yang menentukan besaran gaji yang diterima karyawan adalah absensi harian mereka. Kalau tidak masuk kerja tanpa alasan yang jelas atau di luar cuti biasanya akan dikenakan pemotongan gaji. Dalam menerapkan sistem absensi harian pasti menjadi tidak asing dengan masalah-masalah yang membuat pekerjaan jadi lebih merepotkan. Misalnya saja masalah ketidakhadiran karyawan.

Ketidakhadiran karyawan menghambat penyelesaian suatu pekerjaan. Efektivitas kerja tim juga menjadi rentan mengalami penurunan sebab pekerjaan dalam tim jadi terbengkalai. Karyawan yang memiliki etos kerja baik menerima lebih banyak pekerjaan akibat ketidakhadiran karyawan lainnya.

Selain itu juga akan disulitkan oleh cara absensi karyawan yang tidak efisien. Hal ini disebabkan oleh permasalahan pada sistem yang digunakan seperti hilangnya kertas absensi manual dan bermasalah pada sistem pemindaian Jika memakai absensi biometrik sidik jari. 

Error pada sistem absensi menghambat karyawan untuk mencatatkan kehadiran sehingga Tim harus menyediakan rencana cadangan untuk pengganti absensi saat hal tersebut terjadi. Hal ini akan merepotkan divisi saat merekap keseluruhan data kehadiran karyawan. Alih-alih menyebabkan karyawan senang saat gajian, kesalahan dalam mengelola data kehadiran akan menyebabkan salah hitung gaji yang dapat berakibat fatal.

Halaman:

Editor: Advertorial


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah