Ketua Satgas PEN Optimistis Lawan Pandemi, Digitalisasi UMKM Jadi Strategi Ekonomi Bangkit

- 2 Desember 2020, 08:00 WIB
Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin.
Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin. /Dok. BNPB Indonesia/

PR INDRAMAYU - Satuan Tugas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (Satgas PEN) hingga akhir tahun 2020 tetap optimistis dapat merealisasikan target penyerapan anggaran pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19 yang masih mewabah.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin saat jumpa pers dengan media asing di Kantor Presiden, Provinsi DKI Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sebagaimana dikutip PikiranRakyat-Indramayu.com dari laman Setkab, Budi Gunadi menjelaskan, hingga akhir tahun nanti, anggaran sebesar Rp695 triliun untuk penanganan Covid-19 ditargetkan dapat terserap ke dalam 6 program Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN).

Baca Juga: Anies Baswedan Dinyatakan Positif Covid-19, Ridwan Kamil Turut Mendoakan Segera Pulih

Di mana keenam program itu adalah program bidang Kesehatan, Insentif Usaha, Perlindungan Sosial, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Program Kementerian Lembaga (K/L) dan Pemda, serta Pembiayaan Korporasi.

“Kita akan fokus pada sektor UMKM, karena itu dapat menyediakan lapangan pekerjaan untuk lebih dari 90% masyarakat Indonesia, juga berkontribusi lebih dari 55% ekonomi nasional,” ungkap Budi.

Dalam mewujudkan sektor UMKM, pemerintah sejauh ini telah membuat suatu perwujudan program peningkatan usaha mikro, kecil dan menengah.

Baca Juga: Wulan Guritno Diperingatkan Keras oleh Mama Ella, Ada Musuh yang Mengintainya

Yakni adanya Bantuan Usaha Mikro dan Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang tengah dikucurkan menjadi beberapa periode pencairan.

Halaman:

Editor: Suci Nurzannah Efendi

Sumber: Setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x